Senin, 13 Agustus 2012

Dalil - Dalil Zakat


www.zakatsedekah.com - Zakat merupakan konsep ajaran Islam yang berlandaskan Al Quran dan Sunnah Rasul, bahwa kekayaan yang dimiliki seseorang adalah amanah dari Allah dan memiliki fungsi sosial . 


Dengan demikian, zakat adalah suatu kewajiban yang diperintahkan oleh Allah SWT. Ini dapat dilihat dari dalil-dalil, baik yang terdapat dalam AlQuran maupun yang terdapat dalam kitab - kitab hadis, misalnya sebagai berikut:

  1. Firman Allah SWT, “Ambillah dari harta mereka sedekah / zakat, untuk membersikah mereka serta menghapus kesalahan mereka” (QS At Taubah [9]: 103).
  2. Firman Allah SWT, “Dan dirikanlah shalat, dan bayarlah zakat hartamu” (QS. An Nisa [4]: 77). 
  3. Firman Allah SWT, “ Sesungguhnya orang-orang yang beriman serta mengerjakan kebaikan, melakukan shalat, dan membayar zakat, mereka itu memperoleh ganjaran di sisi Allah, mereka tiada akan berduka cita” (QS. Al Baqarah [2]: 277).
  4. Hadis Nabi SAW. Pada suatu hari Rasulullah SAW beserta para sahabatnya/lalu datanglah seorang laki-lak dan bertanya,”Wahai Rasulullah, apakah Islam itu”? Nabi menjawab,”Islam adalah engkau beribadah kepada Allah dan tidak menyekutukan-Nya, dan engkau dirikan shalat wajib dan engkau tunaikan zakat yang difardhukan, berpuasa di bulan Ramadhan” (HR Bukhari dan Muslim dari abu Hurairah).
  5. Hadis Nabi SAW. Bila zakat bercampur dengan harta lainnya maka ia akan merusak harta itu (HR. Al Bazar dan Baihaqi).
  6. Hadis Nabi SAW. Bila suatu kaum enggan mengeluarkan zakat Allah akan menguji mereka dengan bertahun-tahun kekeringan dan kelaparan (HR. Thabrani).
            Berdasarkan dalil - dalil zakat di atas ada kata zakat yang disertakan dalam kata shalat, sehingga zakat adalah ibadah wajib yang harus dikerjakan oleh umat Islam yang mampu seperti yang sudah ditentukan.

0 komentar:

Poskan Komentar